Menulis Resume yang Membuahkan Hasil - Bagian 1

Menulis Resume yang Membuahkan Hasil - Bagian 1

Panduan menulis resume berikut ini akan berisi bimbingan dalam membuat resume yang baik sehingga resume anda setara dengan apa yang ditulis oleh para penulis profesional terkemuka. Anda akan diberikan contoh resume, pilihan format resume, sasaran penulisan dan juga tips menulis dan membuat resume baik yang mengesankan. Panduan ini adalah yang terbaik, terpercaya, dan sudah digunakan oleh lebih dari satu juta pencari kerja setiap tahunnya. Menulis sebuah resume tidak harus mengikuti aturan yang selama ini anda ketahui dari sumber yang belum jelas seperti misalnya harus terdiri dari satu halaman dan menuliskannya dengan format resume tertentu. Resume merupakan salah satu alat marketing komunikasi yang harus ditulis sesuai dengan kondisi pekerjaan yang anda lakukan saat ini. Berikut ini kami akan memberikan anda panduan singkat dan dasar menulis resume yang efektif, menarik dan mengesankan sehingga membuahkan hasil.

Siapa kami yang berani mengajarkan anda untuk menulis resume dengan baik? JobLoker merupakan media online untuk menginformasikan lowongan kerja dari seluruh Indonesia dan menerima ratusan resume dari para pencari kerja setiap minggunya. Diantara resume tersebut ada yang bagus, kurang bagus dan ada juga yang buruk. Pada panduan ini kami sudah melakukan pengecekan dan penyaringan beberapa resume yang menurut kami sangat bagus dan menginformasikannya kepada anda supaya dapat membuat salah satunya.

Panduan ini sangat cocok untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan di Indonesia.

BERITA BAIK DAN BURUK

Berita baiknya adalah dengan sedikit usaha anda bisa membuat sebuah resume menjadikan anda kandidat paling unggul untuk pekerjaan tersebut. Belum tentu satu dari seratus resume yang diterima pemberi kerja  sudah sesuai dengan dasar penulisan resume yang baik sehingga walaupun menghadapi persaingan yang sengit, dengan modal resume yang baik maka anda akan mendapatkan peluang dipangggil untuk interview lebih besar daripada mereka yang lebih berkualitas namun resumenya kurang bagus.

Berita buruknya adalah kemungkinan besar resume anda saat ini kurang memadai dan anda belum menyadarinya. Anda harus mulai belajar untuk memikirkan sesuatu yang baru dan menulis dengan gaya yang benar-benar berbeda dari apa yang pernah anda lakukan sebelumnya. Untuk memahami maksud kami, mari kita perhatikan tujuan pembuatan resume anda.

Mengapa anda harus memiliki sebuah resume di awal pencarian kerja anda? Apa gunanya resume tersebut bagi anda?

Berikut ini adalah teorinya. Anda melamar pekerjaan yang menurut anda sesuai dengan apa yang diharapkan. Anda mengirim resume beserta surat lamaran ke pihak perusahaan atau pemberi kerja. Banyak orang lain yang berpikir pekerjaan tersebut juga bagus dan ikut serta melamar. Beberapa hari kemudian pemberi kerja mulai mengecek resume yang jumlahnya mencapai ratusan. Terkadang jumlah resume yang masuk untuk jenis pekerjaan tertentu bisa mencapai ratusan bahkan ribuan. Sehingga untuk sebuah pekerjaan

Anda akan menghadapi kompetisi yang sangat sengit.

Kembali ke pandangan pihak pemberi kerja yang terpana melihat tumpukan resume yang harus diperiksanya. Pihak pemberi kerja tidak akan terlalu bersemangat lagi setelah melihat tumpukan resume tersebut, namun  tetap harus melakukan kewajibannya memeriksa satu per satu untuk mendapatkan kandidat yang tepat. Setelah beberapa menit memeriksa maka pihak pemberi kerja mulai mengantuk dan kemungkinan besar mereka sudah tidak fokus lagi. Tiba-tiba pihak pemberi kerja melihat resume anda dan sangat tertarik dengan isi resume yang anda buat.

Kebanyakan resume yang menumpuk tersebut hanya dibaca sekilas oleh pihak pemberi kerja. Namun resume yang telah anda buat mampu menarik perhatian karena isinya yang mengesankan. Dari ratusan resume tersebut hanya sebagian kecil yang kemudian dikelompokkan untuk kemudian diberi kesempatan wawancara kerja dan anda akhirnya mendapatkan kesempatan tersebut. Pada pedoman singkat penulisan resume berikut ini, anda akan dibimbing supaya bisa menyajikan sebuah resume yang bagus dan mengesankan sesuai dengan kondisi karir yang sedang anda jalani.

TUJUAN UTAMA PEMBUATAN RESUME

Resume merupakan sebuah alat yang memiliki satu tujuan khusus yaitu untuk mendapatkan kesempatan wawancara kerja. Jika anda mendapat panggilan wawancara maka resume sudah bagus namun jika belum, berarti resume anda kurang efektif. Bisa dikatakan resume adalah sebuah iklan, tidak lebih dan tidak kurang.

Resume yang bagus tidak hanya memaparkan hal-hal yang telah dilakukan saja tapi wajib berisi promosi tentang diri anda sama seperti materi iklan “...jika anda membeli produk ini, maka anda akan mendapatkan...”. Hal ini penting untuk meyakinkan pihak pemberi kerja bahwa anda memang layak untuk mengisi posisi pekerjaan tersebut.

Promosi diri yang baik pada resume akan membuat pemberi kerja tertarik dan ingin mengenal anda lebih jauh sehingga pemberi kerja tidak ragu-ragu menghubungi anda melalui telepon dan menanyakan kesediaan anda untuk mengikuti interview kerja.

ALASAN LAIN UNTUK MEMILIKI RESUME :

  • Agar lolos persyaratan seleksi dari pihak pemberi kerja (tingkat pendidikan, pengalaman kerja, dll). Untuk memberikan fakta-fakta mendasar yang kemungkinan bisa mempengaruhi keputusan pihak pemberi kerja (pernah bekerja untuk siapa, afiliasi politik, ras minoritas, dll). Untuk menyediakan informasi kontak seperti, alamat dan nomor telepon yang bisa dihubungi sewaktu-waktu.
  • Untuk meyakinkan pihak perusahaan bahwa Anda seorang yang profesional dengan kemampuan menulis yang baik, berdasarkan fakta bahwa resume Anda dikerjakan dengan hasil yang mengesankan (singkat, jelas, terstruktur rapi dan menggunakan tinta serta bahan kertas yang bagus). Untuk mereka yang berkecimpung di bidang seni, iklan, pemasaran dan penulisan, resume bisa menjadi contoh keahlian atau keterampilan yang dimiliki.
  • Untuk memberikan sesuatu yang lebih kepada pihak pemberi kerja seperti info kontak dari para pemberi referensi kerja. Untuk menyediakan informasi data diri. Untuk menyediakan informasi yang mengacu pada pertanyaan yang biasanya diajukan pihak pemberi kerja saat interview. Sebagai pengganti sebuah “kartu nama”.
  • Digunakan sebagai addendum atau bentuk lain dari aplikasi pekerjaan. Sebagai bagian dari proposal program hibah atau kontrak. Sebagai dokumen tambahan yang biasanya disertakan pada pengajuan program pasca sarjana.• Untuk disimpan sebagai dokumen oleh pihak personalia perusahaan.
  • Untuk membantu memperjelas arah tujuan, kualifikasi dan kelebihan diri. Meningkatkan rasa percaya diri. Mempertegas komitmen terhadap karir atau pekerjaan.

TENTANG RESUME

Merupakan kesalahan jika anda berpikir resume adalah tentang cerita masa lalu, pernyataan pribadi atau semacam ekspresi diri. Resume seharusnya mengenai riwayat pekerjaan yang diolah semenarik mungkin untuk meyakinkan pemberi kerja kalau anda memang layak untuk direkrut. Jika anda berhasil membuat resume dengan tujuan tersebut maka hasilnya akan lebih memukau.

Sebagian besar orang membuat resume dengan satu tujuan yaitu untuk mendapatkan pekerjaan. Namun tidak semuanya menulis resume dengan tepat dan benar. Sebagian pihak pencari kerja ada yang membuat resume sekedarnya tanpa struktur yang jelas dan kami temukan ini banyak sekali terjadi. Jika anda menyadari bahwa resume yang baik akan menjadi tiket anda untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan maka seharusnya anda bisa memotivasi diri sendiri untuk bisa menulis dan menciptakan resume yang mengesankan.

BAGAIMANA JIKA SAYA TIDAK YAKIN DENGAN PEKERJAAN YANG AKAN DILAMAR?

Jika anda sedang mencari pekerjaan namun tidak yakin sudah berada di jalur karir yang tepat, maka kemungkinan besar pada akhirnya anda hanya akan melakukan pekerjaan yang sia-sia, tidak sesuai dengan hati nurani dan kurang dari lima tahun ke depan memutuskan untuk berhenti dari pekerjaan tersebut. Semoga hal tersebut tidak terjadi pada diri anda. Saran kami, yakinkan diri sendiri terlebih dahulu dalam menentukan jalur karir yang hendak diambil untuk kedepannya.

 

... Bagaimana menyakinkan pihak pemberi kerja ? Tunggu di Bagian - 2 

 

Credit Source : www.jobloker.co.id

© 2012 empu Technologies Back to Top

Umpan Balik