Penipuan Berkedok Lowongan Pekerjaan

Waspadai dan berhati-hati dengan penipuan bermodus rekrutmen dari perusahaan ataupun instansi kerja. Oknum tidak bertanggung jawab tersebut biasanya mengtasnamakan HRD sebuah perusahaan atau instansi. Informasi lowongan pekerjaan yang digunakan biasanya melalui pesan singkat (sms), telfon, email, maupun surat yang menawarkan lowongan pekerjaan.

Modus yang digunakan adalah memberikan informasi lowongan pekerjaan dan/atau menyatakan bahwa korban (job seeker) memenuhi kualifikasi sebagai pekerja di perusahaan, kemudian Korban diminta untuk mentransfer sejumlah uang sebagai ijin kerja, polis asuransi, dll. Uang tersebut dijanjikan ke korban untuk dikembalikan secara utuh setelah bekerja di perusahaan.

Perlu diketahui, perusahaan atau instansi tidak pernah meminta uang selama proses rekrutmen. Seorang yang diterima diperusahaan akan diminta untuk mengikuti proses rekrutmen dengan proses tahapan secara formal. Seluruh komunikasi menggunakan email resmi perusahaan, dan telp dari perusahaan (nomor telp dan email dapat di cek di website perusahaan yang bersangkutan).

Apabila mengalami hal yang mencurigakan pada suatu lowongan pekerjaan, tips berikut perlu diperhatikan:

  1. Selalu cek kebenaran / keaslian lowongan pekerjaan dari perusahaan pemberi kerja, bisa melalui website perusahaan, telpon ke nomor resmi perusahaan, maupun ke email perusahaan.
  2. Jangan mengungkapkan data pribadi anda atau data keuangan anda kepa siapapun yang tidak dikenal.
  3. Tidak memberikan respon kepada janji-janji penawaran pekerjaan yang tidak benar dan/atau penawaran kerja yang berasal dari orang atau alamat e-mail yang tidak diketahui atau tidak dipercaya.
  4. Silahkan pastikan ke Pusat Karir Perguruan Tinggi untuk kepastian keaslian lowongan pekerjaan.

Pusat Pengembangan Karir UNY akan selalu mengkonfirmasi keaslian lowongan pekerjaan ke perusahaan pemberi kerja. Modus yang baru untuk penipuan adalah menghack email resmi perusahan untuk mengirim lowongan pekerjaan kemudian diminta untuk mengirim lamaran melalui email lain.

Semoga bermanfaat

© 2012 empu Technologies Back to Top

Umpan Balik