Pusat Pengembangan Karir (PPK UNY) MEMENANGKAN LAGI BANTUAN TRACER STUDY TAHUN 2016

Pusat Pengembangan Karir LPPMP UNY yang  memiliki visi  menjadi pusat pengembangan karir yang adaptif dan responsif  terhadap dunia kerja di era global, memiliki salah satu tanggung jawab untuk meningkatkan keterserapan lulusan UNY dalam dunia kerja. Dengan tanggung jawab ini, PPK telah merespon positif Surat Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Nomor 81.B.B3/II/2016 tanggal 12 Februari2016 tentang tawaran bantuan Tracer Study tahun 2016. Setelah menjadi penerima bantuan Tracer Study tahun 2012, hasil seleksi dan evaluasi telah menetapkan kembali PPK UNY menjadi salah satu dari 276 perguruan tinggi penerima bantuan Tracer Study tahun 2016 di antara 481 proposal  berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pembelejaran dan Kemahasiswaan, Kemenristtekdikti Nomor 009/B1/SK/2016 tanggal 22 April 2016. Saat ini, PPK sudah melakukan tahap persiapan kegiatan sambil menunggu dokumen kontrak yang akan dikirimkan Dirjen Belmawa kepada penanggung jawab kegiatan.

Menurut Minta Harsana, M.Sc. Kepala Pusat Pengembangan Karir UNY Tracer study 2016 membantu UNY untuk melacak jejak lulusan/alumni yang lulus pada tahun 2014. Data tentang serapan, proses dan posisi lulusan dapat memberikan informasi tentang kualitas outcomes pendidikan PT dalam dunia kerja serta situasi persaingan kerja saat ini. Informasi kegiatan lulusan di dunia kerja penting dalam memberikan gambaran tentang seberapa besar kebutuhan dunia kerja terhadap lulusan UNY pada bidang terkait, yang selanjutnya dapat menentukan langkah-langkah perbaikan pada bidang tersebut. Sedangkan informasi mengenai kompetensi yang dibutuhkan dan aplikasi kompetensi di dunia kerja dapat dilihat dari data keselarasan horizontal dan vertikal PT serta kesenjangan kompetensi lulusan dan tuntutan dunia kerja.

 Dalam Tracer Study, para lulusan UNY juga dapat memberikan penilaian diri terhadap penguasaan dan pemerolehan kompetensi dan melakukan evaluasi proses pembelajaran dan kontribusi PT terhadap perolehan kompetensi. Selain itu juga mengevaluasi input pendidikan PT yang lebih lanjut dapat bermanfaat dalam  proses penggalian informasi sosiobiografis lulusan.

Berdasarkan data-data yang diperoleh, penelitian ini akan memberikan masukan bagi peningkatan kualitas pembelajaran di UNY.  Secara administratif, data Tracer Study dari Pusat Pengembangan Karir ini akan menjadi pusat data sebaran alumni dari berbagai fakultas di UNY, yang dapat digunakan untuk kelengkapan data akreditasi, perbaikan kurikulum dan evaluasi sistem pembelajaran. Dengan adanya perbaikan-perbaikan secara administrative akan bermuara pada peningkatan kualitas kompetensi lulusan sehingga dapat mengurangi kesenjangan kompetensi  lulusan dengan dunia kerja. Dan pada akhirnya, lulusan UNY diharapkan memiliki daya saing yang tinggi di kancah persaingan kerja.

© 2012 empu Technologies Back to Top

Umpan Balik