Pre Job Training bagi Mahasiswa Tingkat Akhir dan Alumni UNY

Siapkah anda memulai karir? Mungkin merupakan pertanyaan yang banyak dihadapi oleh para alumni universitas. Dunia kerja menuntut para calon tenaga kerja selain memiliki kemampuan hardskill juga memiliki softskill.  Bagi mahasiswa tingkat akhir/alumni, soft skill memasuki dunia kerja merupakan tuntutan yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Tuntutan kerja tersebut perlu diupayakan PPK untuk mempersiapkan para lulusan UNY supaya memiliki kemampuan softskill dalam bentuk Pre Job Training yang sesuai dengan konteks dunia kerja. Untuk mempersiapkan mahasiswa dan alumni UNY dalam berkarir, Pada Rabu, 26 Oktober 2016 Pusat Pengembangan Karir LPPMP mengadakan Pre Job Training bertajuk “Siapkan Anda Memulai Karir?”.

Acara ini menghadirkan 3 (tiga) pembicara, pada sesi pertama yaitu Pratiwi Damayanti, SIP., yang merupakan Director of Human Resources Hyatt Regency Yogyakarta menyampaikan tentang kiat menembus dunia kerja, secara umum pembicara mencoba memotivasi peserta untuk selalu siap dalam sistem seleksi dan menekankan pentingnya kesiapan dini sebelum memasuki dunia kerja, yaitu siap menghadapi sistem yang komprehensif, mengumpulkan point positif pada diri, memiliki motivasi diri tinggi, membentuk kepribadian positif, mengasah kemampuan manajemen, dan mencocokkan personal competencies dengan job competencies. 

Pada sesi kedua, Ayu Helena Cornelia, BA., M.Si. yang merupakan Marketing Communication Manager Hyatt Regency Yogyakarta, menyampaikan tentang Personal Branding, secara umum pembicara menyampaikan kemampuan dasar dan kemampuan mempromosikan diri untuk bisa memasuki dunia kerja. 

Pada sesi ketiga, Kartika Nur Fathiyah, M.Si., seorang Dosen Psikologi di Universitas Negeri Yogyakarta, menyampaikan materi mengenai pilihan karir mahasiswa. Selain itu Sebagai seorang psikolog, Kartika Nur Fathiyah, M.Si. juga menyampaikan hal-hal yang perlu disiapkan sebaik mungkin ketika melamar kerja, yaitu: ketika mencari lowongan kerja, mengajukan surat lamaran, mengikuti psikotes, dan interview.

Acara yang berlangsung tanggal 26 Oktober 2016 ini diikuti oleh 125 mahasiswa dan alumni dari berbagai jurusan. Peserta nampak sangat antusias mengikuti penjelasan dari kedua narasumber. “Acara seperti ini sangat bagus buat kita, kita jadi tahu apa saja yang harus disiapkan, dan apa yang tidak boleh dilakukan”, kata seorang peserta. (/Dani)

© 2012 empu Technologies Back to Top

Umpan Balik