ADA APA DENGAN KARIR ANDA ?

Istilah karir memang sudah tidak asing lagi. Namun apakah anda tahu apa yang disebut dengan istilah karir ? Karir dapat diartikan sebagai jenjang dalam sebuah pekerjaan tertentu. Karir ini dapat dicapai melalui pekerjaan yang direncanakan dan dikembangkan secara optimal dan tepat, meskipun tidak selamanya karir dapat dicapai dengan melalui pekerjaan. Dengan demikian mendapatkan pekerjaan merupakan tahapan penting dalam pengembangan karir seseorang. Namun yang sering terjadi, untuk mendapatkan pekerjaan itu sendiri bukan suatu hal yang mudah. Bagaimana seseorang dapat mengembangkan karirnya kalau untuk mendapatkan pekerjaan saja selalu gagal ?

Sebagai gambaran, ada kasus seorang mahasiswa yang lulus dengan IPK 3,45 suatu nilai IPK yang dapat dikatakan bisa dibanggakan. Namun sudah beberapa puluh lamaran hanya ada sedikit panggilan, bahkan proses seleksi yang sudah diikuti banyak mengalami kegagalan. Alhasil, sudah 1,5 tahun menganggur dan terbebani dengan pertanyaan “Sudah kerja di mana?”. Pertanyaan ini tentu saja membuat hati dag dig dig ketika bertemu dengan orang sudah tahu kalau sudah lulus sebagai sarjana. Apakah hal itu juga pernah atau sedang anda alami saat ini?

Kasus seperti tersebut di atas banyak terjadi saat ini, hanya mungkin beberapa saja yang menyadari bahwa masalah itu dapat diselesaikan secara strategik. Anda perlu tahu bahwa masalah-masalah karir yang selama ini terjadi, mungkin bisa bersumber pada beberapa hal, misalnya :

  1. Kurangnya pemahaman tentang teknik memilih posisi pekerjaan yang dilamar
  2. Kurangnya wawasan tentang teknik cara pemberkasan surat lamaran
  3. Kurangnya wawasan tentang teknik penulisan surat lamaran dan CV
  4. Kurangnya pemahaman tentang mensiasati psikotes
  5. Kurangnya pemahaman tentang teknik menghadapi wawancara
  6. Dsb.

Anda perlu tahu, bahwa karir tidak dapat dicapai dengan upaya trial and error.  Karir harus dilakukan secara terencana dan strategik untuk mendapatkan hasil yang diinginkan dan sesuai dengan potensi serta kompetensi. Hal ini karena karir seseorang perlu diawali dengan pekerjaan yang betul-betul matching dengan dirinya.  Seseorang akan bekerja dengan senang hati dan penuh kegembiraan apabila apa yang dikerjakan itu memang sesuai dengan keadaan dirinya, kemampuannya dan minatnya.

Konselor karir dari Pusat Pengembangan Karir bersedia membantu anda. Para konselor akan menyediakan diri untuk menjadi teman diskusi tentang karir anda dan membantu anda mencari solusi tentang masalah karir anda. Silakan dicoba ! (/ppk_uny)

© 2012 empu Technologies Back to Top

Umpan Balik